BAB I
KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Tujuan Pembelajaran
Pada bab ini diharapkan mahasiswa dapat memahami makna dan konsep dasar
perencanaan pembelajaran khususnya inti dari perencanaan pembelajaran.
A. Latar
Belakang
Guru merupakan tiang utama dalam keberhasilan pendidikan suatu negara
disamping sistem pendidikan di negera tersebut. Setiap negara mempunyai standar
pencapaian keberhasilan pendidikan yang dituangkan dalam kebijakan-kebijakan
pendidikan. Di Indonesia, standar keberhasilan pendidikan dituangkan dalam
standar nasional pendidikan yaitu Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang
Standar Nasional Pendidikan. Standar
nasional terdiri atas isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga
kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan
penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala (UU
Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 35 ayat 1). Standar adalah
suatu kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan berdasarkan atas sumber,
prosedur dan manajemen yang efektif. Kriteria adalah sesuatu yang menggambarkan
ukuran keadaan yang dikehendaki.
B. Pentingnya Standar Profesi
Penggunaan standar sangat vital
dalam pengembangan suatu profesi. Standar suatu profesi menentukan siapa yang
boleh atau tidak boleh masuk dalam kategori profesi tersebut. Standar suatu
profesi membangun “public trust” terhadap eksistensi profesi tersebut
bagi kepentingan masyarakat luas dan mengembangkan “public acceptance “
terhadap segala aspek yang berkaitan dengan kegiatan operasional suatu profesi.
C.
Kompetensi Guru
Kompetensi adalah
seperangkat tindakan inteligen penuh tanggungjawab yang harus dimiliki
seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas dalam
bidang pekerjaan tertentu. Sifat inteligen ditunjukkan dengan kemahiran,
ketepatan dan keberhasilan bertindak. Sifat tanggungjawab ditunjukkan dengan
kebenaran tindakan baik dipandang dari sudut ilmu pengetahuan, teknologi maupun
etika.
Kompetensi guru menunjukkan
kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi guru akan terwujud dalam bentuk
penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai
guru. Artinya guru bukan saja harus pintar tapi juga pandai mentransfer ilmunya
kepada peserta didik.
D.
Pengertian Standar Kompetensi Guru
Suatu ukuran
yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan
berperilaku layaknya seorang guru untuk menduduki jabatan fungsional sesuai
bidang tugas, kualifikasi dan jenjang pendidikan.
E. Tujuan Standar Kompetensi Guru
Memperoleh acuan baku dalam pengukuran kinerja guru untuk mendapatkan
jaminan kualitas guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
F. Ruang Lingkup Standar Kompetensi Guru (Depdiknas,2004)
- Komponen Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran
- Penyusunan perencanaan pembelajaran
- Pelaksanaan interaksi belajar mengajar
- Penilaian prestasi peserta didik
- Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian
- Komponen Kompetensi Pengembangan Potensi
- Komponen Kompetensi Penguasaan Akademik
- Pemahaman wawasan kependidikan
- Penguasaan bahan kajian akademik
G. Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran
1. Definisi Perencanaan
Perencanaan yaitu hubungan antara apa yang ada
sekarang (what is) dengan bagaimana seharusnya (what should be)
yang bertalian dengan kebutuhan, penentuan tujuan, prioritas, program dan
alokasi sumber. Perencanaan artinya suatu cara untuk mengantisipasi dan
menyeimbangkan perubahan. Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa.
Dalam pengajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode
untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan. Inti dari perencanaan
pembelajaran adalah kegiatan pemilihan, penetapan dan oengembangan metode yang
didasarkan pada kondisi pengajaran yang ada.
2. Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran
a. Perbaikan kualitas pembelajaran
b. Pembelajaran dirancang dengan pendekatan sistem
c. Desain pembelajaran mengacu pada bagaimana seseorang
belajar
d. Desain pembelajaran diacukan pada siswa perorangan
e. Desain pembelajaran harus diacukan pada tujuan
f. Desain pembelajaran diarahkan pada kemudahan belajar
g. Desain pembelajaran melibatkan variabel pembelajaran
h. Desain pembelajaran penetapan metode untuk mencapai
tujuan
3. Prinsip-Prinsip Umum Tentang Mengajar
a. Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah
dimiliki siswa.
b. Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan harus
bersifat praktis.
c. Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual
setiap siswa.
d. Kesiapan dalam belajar dijadikan landasan dalam
mengajar.
e. Tujuan pengajaran harus diketahui siswa.
f. Mengajar harus mengikuti prinsip psikologis tentang
belajar.
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon