iklan banner

KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN


BAB I
KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran
Pada bab ini diharapkan mahasiswa dapat memahami makna dan konsep dasar perencanaan pembelajaran khususnya inti dari perencanaan pembelajaran.

A.  Latar Belakang

Guru merupakan tiang utama dalam keberhasilan pendidikan suatu negara disamping sistem pendidikan di negera tersebut. Setiap negara mempunyai standar pencapaian keberhasilan pendidikan yang dituangkan dalam kebijakan-kebijakan pendidikan. Di Indonesia, standar keberhasilan pendidikan dituangkan dalam standar nasional pendidikan yaitu Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan.  Standar nasional terdiri atas isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala (UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 35 ayat 1). Standar adalah suatu kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan berdasarkan atas sumber, prosedur dan manajemen yang efektif. Kriteria adalah sesuatu yang menggambarkan ukuran keadaan yang dikehendaki.

B. Pentingnya Standar Profesi

Penggunaan standar  sangat vital dalam pengembangan suatu profesi. Standar suatu profesi menentukan siapa yang boleh atau tidak boleh masuk dalam kategori profesi tersebut. Standar suatu profesi membangun “public trust” terhadap eksistensi profesi tersebut bagi kepentingan masyarakat luas dan mengembangkan “public acceptance “ terhadap segala aspek yang berkaitan dengan kegiatan operasional suatu profesi.

C. Kompetensi Guru  

Kompetensi adalah seperangkat tindakan inteligen penuh tanggungjawab yang harus dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas dalam bidang pekerjaan tertentu. Sifat inteligen ditunjukkan dengan kemahiran, ketepatan dan keberhasilan bertindak. Sifat tanggungjawab ditunjukkan dengan kebenaran tindakan baik dipandang dari sudut ilmu pengetahuan, teknologi maupun etika.
Kompetensi  guru menunjukkan kualitas guru dalam mengajar. Kompetensi guru akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru. Artinya guru bukan saja harus pintar tapi juga pandai mentransfer ilmunya kepada peserta didik.

D. Pengertian Standar Kompetensi Guru

Suatu ukuran yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan berperilaku layaknya seorang guru untuk menduduki jabatan fungsional sesuai bidang tugas, kualifikasi dan jenjang pendidikan.

E. Tujuan Standar Kompetensi Guru

Memperoleh acuan baku dalam pengukuran kinerja guru untuk mendapatkan jaminan kualitas guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

F. Ruang Lingkup Standar Kompetensi Guru (Depdiknas,2004)

  1. Komponen Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran
    1. Penyusunan perencanaan pembelajaran
    2. Pelaksanaan interaksi belajar mengajar
    3. Penilaian prestasi peserta didik
    4. Pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian
  2. Komponen Kompetensi Pengembangan Potensi
  3. Komponen Kompetensi Penguasaan Akademik
    1. Pemahaman wawasan kependidikan
    2. Penguasaan bahan kajian akademik

G. Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran

1. Definisi Perencanaan
Perencanaan yaitu hubungan antara apa yang ada sekarang (what is) dengan bagaimana seharusnya (what should be) yang bertalian dengan kebutuhan, penentuan tujuan, prioritas, program dan alokasi sumber. Perencanaan artinya suatu cara untuk mengantisipasi dan menyeimbangkan perubahan. Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Dalam pengajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pengajaran yang diinginkan. Inti dari perencanaan pembelajaran adalah kegiatan pemilihan, penetapan dan oengembangan metode yang didasarkan pada kondisi pengajaran yang ada.

2. Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran

a.       Perbaikan kualitas pembelajaran
b.      Pembelajaran dirancang dengan pendekatan sistem
c.       Desain pembelajaran mengacu pada bagaimana seseorang belajar
d.      Desain pembelajaran diacukan pada siswa perorangan
e.       Desain pembelajaran harus diacukan pada tujuan
f.       Desain pembelajaran diarahkan pada kemudahan belajar
g.      Desain pembelajaran melibatkan variabel pembelajaran
h.      Desain pembelajaran penetapan metode untuk mencapai tujuan

3. Prinsip-Prinsip Umum Tentang Mengajar

a.       Mengajar harus berdasarkan pengalaman yang sudah dimiliki siswa.
b.      Pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan harus bersifat praktis.
c.       Mengajar harus memperhatikan perbedaan individual setiap siswa.
d.      Kesiapan dalam belajar dijadikan landasan dalam mengajar.
e.       Tujuan pengajaran harus diketahui siswa.
f.       Mengajar harus mengikuti prinsip psikologis tentang belajar.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment